Selasa, Juni 02, 2009

TMMD SENGKUYUNG TAHAP I DIBUKA



BREBES - TNI Manunggal membangun Desa ke 82 tahun 2009 di Desa Rungkang Kecamatan Losari (2/6) dibuka oleh Dandim 0713 Brebes Letkol Infanteri Jajat Sudrajat ditandai penyerahan pacul dan sekop kepada warga sipil dan ABRI pada upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I T.A 2009.

Pada kesempatan itu Dandim 0713 Brebes membacakan sambutan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Agus Sasongko Purnomo antara lain mengatakan Program TMMD ini dilaksanakan sebagai upaya membantu pemerintah dalam memberdayakan wilayah pertahanan dan membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan serta meningkatkan ketahanan wilayah. Selain itu, TMMD juga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh untuk menghadapi berbagai hakekat ancaman.

Lebih lanjut dikatakan Program TNI Manunggal Membangun Desa ini diharapkan benar-benar menjawab aspirasi dan kepentingan masyarakat,mengingat program ini diawali dengan proses perencanaan yang melibatkan berbagai instansi dan masyarakat, serta disusun dengan sistem Bottom Up Planning. Mekanisme dalam penyusunan program dimulai dari hasil musyawarah di tingkat Desa atau rembuk Desa, rapat di Kecamatan dan kemudian dibicarakan ditingkat Kabupaten atau Kota dan selanjutnya ditingkat PJO TNI Manunggal Membangun Desa.

Sebagaimana dilaporkan Perwira Seksi Teritorial Kapten Infantri Turiman Sasaran fisik diantaranya pengaspalan jalan Desa Panjang 1.560 Meter Lebar 2,5-3 Meter ,Pembuatan Jembatan plat beton panjang 2 meter lebar 2 meter 1 unit. Sasaran non fisik diantaranya penyuluhan hukum terpadu dan bela negara, penyuluhan kesehatan dan kebersihan lingkungan, penyuluhan kependudukan dan KB,Penyuluhan peternakan dan Vaksinasi hewan.

Adapun pelaksanaan pra TMMD mulai tanggal 22 s/d 31 Mei 2009 dengan hasil pengaspalan jalan desa 30 persen, pembangunan jembatan plat beton 40 persen, perbaikan plat beton 1 buah 50 persen,pembangunan pos kamling 1 buah 40 persen dan pembangunan tugu batas 2 buah 50 persen.

Sedangkan dana bersumber dari APBD I dan II sejumlah 365 juta dengan mengerahkan tenaga sebanyak 140 orang perhari yang terdiri dari KOTIS, SST, Polsek, PU, Korpri, Linmas, Kelompok Pemuda dan masyarakat.

Hadir pada acara tersebut Bupati Brebes, Muspida ,Wakil Bupati, Ketua TP PKK, Kepala badan, Dinas, Bagian di Lingkungan Setda Kab.Brebes serta tamu undangan lainnya. (Bangs).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar