Selasa, Juni 16, 2009

PENDAFTARAN SINOK SITONG GRATIS


Pemilihan sinok sitong tahun 2008 lalu

BREBES - Pemilihan Duta Wisata Sinok Sitong Kabupaten Brebes tahun 2009 sudah dimulai sejak 15 Mei hingga 20 Juli mendatang. Pendaftaran lomba ini tidak dipungut biaya, berbeda dengan tahun sebelumnya yang pendaftarannya dipungut biaya Rp 100 ribu untuk satu pasangan Sinok Sitong.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes Drs Kustoro MM didampingi Kabid Pariwisata Supriyono SPd mengatakan penyelenggaran Sinok Sitong tahun ini tidak berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya, hanya biaya pendaftarannya yang gratis. Sampai saat ini, menurutnya sudah ada 20 pasang Sinok Sitong yang menyatakan siap untuk mendaftar. Selain itu, dari dinas dan instansi dan kecamatan di lingkungan Pemkab Brebes juga dihimbau untuk mengirimkan wakilnya.

Grand finalnya nanti akan digelar pada 25 Juli 2009, namun sebelumnya mereka wajib mengikuti karantina dan seleksi sebelum masuk grand final.

Supriyono menambahkan, karena pemilihan Sinok Sitong ini bagian dari pemilihan Duta Wisata Jawa Tengah, maka dalam penampilan dan penjurian di grand final mengacu pada gaya Jawa Tengah, yakni bergaya keratonan. Namun demikian, tidak membuang nilai - nilai lokal Brebesan. Materinya antara lain kepariwisataan, ngadi saliro dan ngadi busono, etika dan tata krama serta fashion show.

Diakui, pemilihan Sinok Sitong Kabupaten Brebes masih minim dari peserta di tingkat mahasiswa. karena selama ini kebanyakan yang mengikuti berasal dari SMA. Sehingga ketika tampil di tingkat Jawa Tengah secara pendidikan sudah kalah, karena di tingkat Jawa Tengah kebanyakan mereka yang sudah menjadi mahasiswa dan sarjana. Karenanya, pihaknya pun akan melakukan sosialisasi ke sejumlah perguruan tinggi, yang terdapat mahasiswa asal Kabupaten Brebes.Pihaknya telah mensosialisasikan ke beberapa universitas dan hunting untuk menggaet peserta mahasiswa. ( Ag )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar