Kamis, Mei 14, 2009

SOSIALISASI POLA ASUH ANAK DAN PPBN

Brebes - Tim Penggerak PKK Kabupaten Brebes Kamis pagi tadi / kemarin mengadakan sosialisasi pola asuh anak dan Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) Bagi para anggota TP PKK Kecamatan dan Desa binaan. Acara yang diselenggarakan di pendopo Kabupaten Brebes itu di selenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi kader PKK dalam hal pola asuh anak dan PPBN,sehingga nantinya peserta dapat menerapkan ilmu yang didapat pada keluarga serta mensosialisasikan pada masyarakat sekitarnya.

Dihadapan 135 orang peserta yang hadir, Ketua TP PKK Kabupaten Ny. Hj. Maryatun Indra Kusuma dalam sabutan yang dibacakan Ny. Hj.Alifah Kaspuri Rosyadi mengatakan bahwa perempuan dan anak hingga kini masih menjadi komponen masyarakat yang rentan terhadap tindak kekerasan dan kejahatan di tengah masyarakat, karena adanya beberapa kelemahan baik fisik maupun psikologis. terbukti dari maraknya kasus perdagangan wanita dan anak di bawah umur, pelecehan seksual, maupun tindak kekerasan dalam rumah tangga, yang kesemuanya dapat menimbulkan penderitaan serta trauma yang berkepanjangan.

Lebih lanjut dikatakan Kabupaten Brebes sendiri tidak lepas dari permasalahan tersebut, bahkan sempat tercatat beberapa saudari kita yang menjadi korbannya. kasus – kasus tersebut hanyalah sebagian kecil dari peristiwa yang ada di tengah masyarakat, karena sikap masyarakat sendiri yang selama ini lebih banyak tertutup, sehingga menjadi kendala tersendiri bagi petugas dan aparat untuk dapat mengungkap lebih jelas lagi. maka sudah barang tentu keberadaan keluarga perlu ditingkatkan dan dikembangkan kemampuannya. disinilah dibutuhkan kemantapan pengorganisasian gerakan PKK di semua tingkatan, termasuk pelaksanaan kegiatan lomba penyuluhan Undang-Undang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga yang merupakan satu wadah pencetak kader PKK yang terbuka matanya akan keberadaan UU KDRT ini.

Hadir selaku narasumber antara lain Ketua Bayangkari Cabang Brebes Dra. Ardina Safitri Firli dengan tema sosialisasi Perbaikan komunikasi dalam keluarga demi terciptanya generasi penerus yang berkualitas, sedangkan untuk pembinaan kesadaran bela Negara sendiri disampaikan oleh Kapten Infantri Abukhaer.

Pada kesempatan tersebut juga diadakan Lomba penyuluhan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dengan peserta berjumlah 17 orang perwakilan TP PKK Kecamatan se kabupaten Brebes.Selain sosialisasi pola asuh anak dan PPBN serta lomba penyuluhan tentang Kekerasan dalam rumah tangga, pada acara tersebut TP PKK Kabupaten Brebes memberikan satu buah mesin jahit kepada masing masing perwakilan dari TP PKK Kecamatan yang hadir pada acara tersebut.( Yas )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar