Kamis, Mei 28, 2009

EVALUASI TERNAK SAPI POTONG TINGKAT PROVINSI JATENG


Tim Penilai lomba Provinsi

saat mengevaluasi Kelompok Tani Ternak Sapi Potong

"Cikoneng Sejahtera" Ds. Malahayu Kec. Banjarharjo


Kelompok tani ternak sapi potong Cikoneng Sejahtera Ds. Malahayu Kecamatan Banjarharjo Rabu Kemarin / lalu dinilai oleh Tim Penilai lomba kelompok tani ternak tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2009.


Asisten II Setda Brebes Ir. Heru Pratisto mewakili Bupati Brebes mengucapkan selamat datang kepada Tim penilai Lomba sekaligus membacakan sambutan Bupati Brebes. Dalam sambutanya Bupati Brebes mengatakan bahwa Kabupaten Brebes sangatlah potensial untuk pengembangan usaha peternakan karena didukung tidak hanya sumber daya alamnya yang melimpah, namun juga sumber daya manusia yang ada. untuk itulah, demi mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Brebes yaitu ”perekonomian yang maju di dalam masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan”, maka pembangunan peternakan diarahkan untuk menghasilkan produk unggulan yang berdaya saing, baik di pasar domestik maupun internasional. bahkan, hingga saat ini potensi bidang peternakan di kabupaten brebes telah membawa kemajuan yang sangat berarti bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, selain itu juga telah menorehkan berbagai prestasi di tingkat nasional, yang tentunya makin mengharumkan nama Kabupaten Brebes.


Selanjutnya melalui upaya pembinaan yang dikuatkan dengan semangat tinggi dari masyarakat untuk terus maju dan berkembang, hasilnya dapat dilihat, antara lain, kabupaten brebes telah beberapa kali mendapat juara dalam lomba kelompok tani ternak sapi potong dan itik. dan yang lebih membanggakan di tahun 2008 lalu, Kabupaten Brebes mendapat dua kehormatan sekaligus yaitu mendapat juara pertama di tingkat provinsi untuk kelompok tani ternak itik ”mengkar sari” serta kelompok tani ternak sapi potong ”napak tilas’. keduanya, kini tengah dinilai di tingkat nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah.


Selanjutnya dalam akhir sambutanya Bupati Brebes berharap Kabupaten Brebes dapat memberikan dan tampil menjadi yang terbaik, bukan hanya demi menambah daftar prestasi, namun juga sebagai motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan perhatian dan pembangunan peternakan di kabupaten brebes demi terwujudnya pengembangan usaha ke arah agribisnis peternakan. untuk itu, kami juga mengharapkan pengarahan dari tim evaluasi sebagai bahan masukan kami untuk melakukan berbagai pembenahan dalam upaya pemberdayaan masyarakat, melalui pembangunan di bidang peternakan.


Menurut Ketua Kelompok Tani Ternak Sapi Potong Cikoneng sejahtera, Somadilah mengatakan bahwa kelompok tani ternak“ cikoneng sejahtera “ desa malahayu kecamatan Banjarharjo mulai dibentuk pada tanggal 20 pebruari 2006, dengan jumlah anggota sebanyak 28 orang. saat ini kelompok tersebut memiliki 353 ekor sapi, atau kurang lebih 26 persen dari total populasi ternak sapi potong di desa malahayu yang berjumlah 1.345 ekor dan telah mampu menerapkan usaha peternakan yang ramah lingkungan dengan mengembangkan digester biogas. Ini berarti telah ada upaya pengolahan limbah ternak sapi menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat yaitu digunakan sebagai pupuk kompos serta pemanfaatan biogasnya untuk keperluan memasak serta penerangan.


Setelah pembukaan acara, Tim Penilai yang ketuai Drh. Nugroho, meninjau Kandang ternak sapi potong dan mengevaluasi admistrasi kelompok tani tersebut. Setelah melakukan peninjauan Tim Penilai memberikan kesan dan pesan bahwa kelompok tani ternak sapi potong cikoneng sejahtera memang layak dperhitungkan karena memang dalam penilaian ini terlihat bahwa kelompok tersebut antar anggotanya selalu kompak dan benar – benar menggugah dan meningkat dunia peternakan bahwa peternakan dapat memberikan kesejahteraan bagi keluarganya.( Han )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar