Senin, Juli 13, 2009

PERINGATAN PERTASIGANASLING.


Penyerahan penghargaan dan Bantuan pada Peringatan Pertasiganasling

oleh Bupati Brebes H. Indra Kusuma, S. Sos.


Brebes - Peringatan hari pertanian, koperasi, kehutanan, ketahanan pangan, keluarga berencana dan lingkungan hidup tahun 2009 kabupaten Brebes pagi tadi / kemarin telah digelar upacara bertempat di Stadion Karang birahi dengan Inspektur Upacara Bupati Brebes H.Indra Kusuma S.Sos. Dalam sambutannya Bupati Brebes mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Brebes yang telah berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2009 tanggal 8 juli lalu. Karena melalui partisipasi masyarakat, Pilpres tahun 2009 di Kabupaten Brebes dapat berjalan aman, kondusif serta lancar sekaligus saya sungguh berbangga karena tingkat partisipasi pemilih pada pilpres tahun 2009 di wilayah kita cukup besar. kita juga patut bersyukur ke hadirat Allah SWT, di tempat ini, kita dapat memperingati sekaligus enam peringatan, yaitu hari pertanian, kehutanan, ketahanan pangan, koperasi, keluarga nasional serta lingkungan hidup tingkat kabupaten brebes tahun 2009.

Pada kesempatan tersebut Bupati Brebes menghimbau seluruh masyarakat untuk senantiasa berusaha mewujudkan keluarga sejahtera dan berkualitas yang didukung pertanian yang tangguh, koperasi yang sehat, tangguh dan mandiriserta lingkungan hidup yang nyaman. Seperti diketahui bersama, sebesar 70 persen penduduk di Kabupaten Brebes berkecimpung di sektor pertanian. Untuk itu, penghargaan berupa prestasi kenaikan produksi kurang lebih 5% di tingkat Nasional, merupakan hasil kerja keras semua pihak, tidak hanya Pemerintah Kabupaten Brebes, namun juga seluruh elemen masyarakat. perlu saudara ketahui, penghargaan tersebut diberikan karena keberhasilan kita yang dapat meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman pangan dan hortikultura sepanjang kurun waktu 2007 dan 2008.

Sebagainama disampaikan ketua pelaksana asisten II Ir. Heru Pratisto untuk peringatan hari krida pertanian yang diampu oleh satuan kerja dinas pertanian, tanaman pangan dan hortikulutra tahun 2009 mengambil tema ”melalui peringatan hari pertasi-ganasling, kita tingkatkan produksi padi, jagung dan kedelai guna mendukung ketahanan pangan nasional”. Dan pada peringatan pertasiganasling tahun 2009 ini, dapat kami sampaikan bahwa di bidang pertanian, Pemerintah Kabupaten Brebes telah mendapatkan dua penghargaan sekaligus di tingkat nasional, yaitu penghargaan prestasi kenaikan produksi kurang lebih 5% serta keberhasilan kelompok upja wahana bhakti desa pende sebagai kelompok upja terbaik ketiga di tingkat nasional. penyerahan penghargaan tersebut telah diberikan langsung kepada Bupati Brebes oleh Presiden Republik Indonesia di kota solo beberapa waktu lalu. Selain itu, dalam rangka peningkatan produksi tanaman pangan, dinas pertanian, tanaman pangan dan holtikulutra kabupaten brebes juga telah memfasilitasi usaha tani melalui bantuan langsung benih unggul yang merupakan pemberian langsung dari pemerintah pusat dan provinsi jawa tengah.


Pemkab brebes melalui kantor ketahanan pangan akan memberikan dana bantuan sosial program pengembangan lumbung pangan masyarakat kepada 5 lumbung di 5 kecamatan, yaitu Lumbung Dewi Sri Desa Grinting Kec.Banjarhaarjo, Barokah Desa Negla Kec.Losari, Sumber Tani Desa Kradenan Kec.Kersana, Tani Makmur Desa Padakaton Kec.Ketanggungan dan Mitra Rakyat Sejahtera Desa / Kec. Bantarkawung.masing – masing RP. 10.000.000.

Adapun kejuaraan yang diraih tingkat Nasional Juara III Kelompok Usaha Pengelolaan Jasa Alsintan, Dari Desa Pende Kec.Banjarharjo. Untuk piagam penghargaan kepada juara I tingkat Kabupaten Brebes diberikan kepada Kelompok Bina Keluarga Balita diraih oleh BKB Mutiara Kecamatan Banjarharjo, untuk kelompok bina keluarga remaja diraih oleh BKR Mawar Kecamatan Kersana, Kelompok Bina Keluarga Lansia diraih oleh BKL Teratai Kecamatan Banjarharjo, Kelompok Bina Keluarga Lingkungan diraih oleh BLK Utama Kecamatan Paguyangan, Kelompok UPPKS diraih oleh UPPKS Tri Asih Kecamatan Brebes, Lomba KB perusahaan diraih oleh PDAM Brebes dan lomba PIK KRR diraih Kwarcab Brebes.

Sedangkan untuk Koperasi Berprestasi tingkat Kabupaten Brebes untuk jenis Koperasi Aneka Usaha Peringkat I KUD Budhi Karya Kecamatan Banjarharjo, peringkat II diraih oleh Kopkar Zac Zes Kecamatan Paguyangan, dan peringkat III diraih oleh KUD Adil Makmur. Untuk jenis Kopersi Konsumsi Peringkat I KPRI Gatera Kecamatan Bantarkawung, peringkat II KPRI Dwija dan Untuk peringkat III diraih oleh KPRI Sinar Murni Kecamatan Jatibaang.

( Bam’s )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar