Rabu, Juli 15, 2009

LONCHING PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN BAGI ANAK SEKOLAH DI KECAMATAN SONGGOM


launncing pemberian makanan tambahan anak sekolah (PMT-AS) di Kecamatan songgom
ditandai minum susu bersama anak anak SD Negeri jatirokeh songgom

BREBES-Tim Penggerak PKK Kabupaten Brebes Rabu pagi tadi / kemarin melakukan kunjungan kerja dan pemberian bantuan program pemberdayaan masyarakat berbasis gender (P2MBG) serta loncing pemberian makanan tambahan anak sekolah (PMT-AS) di Kecamatan songgom.

Hadir pada acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Brebes Hj. Maryatun Indra Kusuma berserta anggota, BPMDK, camat songgom, para kepala desa di Kecamatan songgom, serta seluruh anggota TP PKK Kecamatan Maupin Desa se kecamatan songgom.

Ketua TP PKK Kabupaten Brebes Hj. Maryatun Indra Kusuma dalam sambutanya mengatakan Membicarakan anak, bukan hanya bicara perlindungan. Lebih dari itu, yang terpenting bagaimana mendidik dan menyiapkan mereka semua menjadi putera-puteri terbaik bangsa, menjadikan kader-kader bangsa, menjadi pemimpin-pemimpin di masa datang. Untuk itu, asupan gizi yang baik menjadi sangat penting, mengingat gizi yang baik akan menunjang kecerdasan, dan kekuatan fisiknya yang akan meningkatkan kemampuan belajar dan prestasinya.


Dikatakan juga yang seringkali menjadi permasalahan di tengah masyarakat adalah biaya yang harus dikeluarkan untuk konsumsi asupan gizi semacam susu dan makanan tambahan instan masih relatif tinggi, sementara itu masih banyak keluarga di kabupaten brebes yang kurang mampu secara ekonomi dan kurang menyadari pentingnya pemberian gizi yang baik dan sehat bagi anak.


Berangkat dari permasalahan kurangnya kesadaran dan keterbatasan kemampuan masyarakat dalam memberikan gizi yang baik dan seimbang bagi balita dan anak – anak, PKK Kabupaten Brebes, bekerja sama dengan satuan kerja perangkat daerah ( SKPD ) terkait, berusaha mencari solusi yang tepat, antara lain melalui program makanan tambahan – anak sekolah mandiri. Program ini merupakan program sosial yang berbasis pemberdayaan masyarakat, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mempersiapkan anak bangsa sebagai penerus bangsa. Apalagi, pemerintah Kabupaten Brebes sendiri, berkomitmen kuat untuk meningkatkan pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi, maka program PMT-AS mandiri ini dinilai dapat menjadi pendukung keberhasilan program Pemerintah tersebut.Pada kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Brebes kembali mengajak masyarakat, khususnya ibu – ibu untuk kembali memanfaatkan ASI bagi bayinya serta menyiapkan makanan sendiri yang berbahan lokal, yang lebih mudah didapat, lebih murah dan diharapkan lebih terjaga kualitas kebersihan serta kandungan gizinya.


Lebih lanjut dikatakan program PMT-AS mandiri ini juga bertujuan untuk mengurangi kebiasaan jajan yang kurang sehat. Kita tentu biasa melihat banyaknya pedagang jajanan anak yang mangkal di sekitar sekolah. Sayangnya jajanan yang dijual biasanya banyak mengandung pemanis buatan, pengawet dan penyedap yang tidak baik untuk kesehatan. Dengan adanya program PMT – AS ini diharapkan anak sekolah dapat mengurangi kebiasaannya mengkonsumsi jajanan dan beralih pada makanan tradisional sehat yang bebas dari zat berbahaya.Di tahun 2009 ini, sasaran PMT – AS mandiri adalah siswa-siswi dari 10 sekolah dasar yang tersebar di 5 Kecamatan dengan jumlah total siswa yang mendapatkan sebanyak 2.591 siswa. Makanan tambahan ini akan diberikan dua kali seminggu selama enam bulan. Meski demikian, diharapkan di tahun mendatang PMT-AS mandiri ini dapat dilaksanakan oleh semua Sekolah Dasar, madrasah ibtidaiyah baik Negeri maupun swasta.Ketua TP PKK Kabupaten Brebes Hj. Maryatun Indra Kusuma secara simbolis memberikan bantuan yang antara lain : bantua Keaksaraan Fungsional (KF) untuk 3 kelompok karang sembung dan songgom, masing-masing 3.560.000. bantuan bibit tanaman mangga dan rambutan, sarana posyandu berupa timbangan bayi dan dongdang untuk desa Jatimakmur dan Jatirokeh serta pelatihan memasak membuat kue kering dan bantuan alat masak untuk 2 Desa binaan P2MBG.

Pada acara tersebut Hj. Maryatun Indra Kusuma juga menyempatkan diri unuk minum susu bersama para siswa Sekolah Dasar Negeri Jatirokeh songgom Brebes.(Mya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar