Senin, Juli 13, 2009

PENERIMAAN MAHASISWA KKN UNSOED.


Penerimaan KKN mahasiswa UNSOED.

Pemerintah Kabupaten Breebs menerimaan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa UNSOED Purwokerto Senin pagi tadi / kemarin di BAPPEDA Kabupaten Brebes.

Kepala Bidang Statistik pengendalian dan evaluasi Bappeda Brebes Ir. Titi Yuliati, MSi yang membacakan sambutan Bupati Brebes H. Indra Kusuma, S.Sos mengucapkan selamat datang dikabupaten Brebes, kepada ketua beserta seluruh rombongan mahasiswa dari Unsoed Purwokerto , dan terima kasih atas atensinya sehingga kembali memilih wilayah Kabupaten Brebes menjadi lokasi pelaksanaan KKN PBA tahun 2009.

Lebih lanjut dikatakan Pemerintah Kabupaten Brebes berkomitmen kuat untuk Membangun dan memberdayakan masyarakat secara optimal, termasuk melalui pembangunan pada sektor pendidikan, yang diawali dengan pemberantasan buta aksara. Hal ini berangkat dari kesadaran bahwa kemampuan baca dan tulis adalah pintu menuju penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, sedangkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah salah satu jalan menuju kemakmuran dan kesejahteraan.

Sebagai hasil kerja keras selama ini, pada bulan juni tahun 2008 lalu pemerintah kabupaten brebes telah mendeklarasikan tuntas buta aksara, yang mengindikasikan 95 persen dari jumlah penduduknya telah melek aksara. Meski demikian, masih diperlukan tindak lanjut agar dapat Menuju tahap selanjutnya.

Bupati juga menaruh harapan besar pada pelaksanaan KKN kali ini, tentunya berangkat dari dasar pemikiran bahwa para mahasiswa dan dunia perguruan tinggi adalah merupakan masyarakat ilmiah yang akan memberikan berbagai konsep dan teori yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. Karenanya, saya harapkan adik – adik peserta KKN dapat membantu pelaksanaan program tindak lanjut penuntasan buta aksara tahap berikutnya, serta berbagai program lain yang disesuaikan kebutuhan lokal masyarakat.

Hal ini tentu merupakan manifestasi penerapan tri dharma perguruan tinggi yang mengedepankan pendidikan, Penelitian serta pengabdian pada masyarakat, sebagaimana ditegaskan pada pasal 20 undang – undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional.

Mewakili Dekan UNSOED Purwokerto Drs. Kusbiyanto, MSi mengatakan jumlah mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Propesi di wilayah Kabupaten Brebes adalah 410 orang yang berasal dari 8 fakultas,mahasiswa juga di dampingi oleh 17 dosen Pembimbing lapangan,natinya peserta akan dibagi ke 57 desa dari empat Kecamatan yang berada di Kabupaten Brebes.

Lebih lanjut juga dikatakan kegiatan KKN kali ini memfokuskan pada Pemberantasan Buta Aksara (PBA), dengan harapan tidak lagi ada masyarakat di kabupaten Brebes yang tidak bisa melaksanakan baca tulis.mahasiswa akan melaksanakan program programnya yang nantinya dengan berbagai cara mahasiswa memberikan pembelajaran kepada masyarakat yang belum bisa baca tulis namun demikian diharapkan jangan ada yang saling menggurui atau digurui mengingat sasaran dari kegiatan mahasiswa bukan hanya anak anak namun dewasa dan orang tua juga termasuk didalamnya.(Mya)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar