Senin, April 20, 2009

Blanko Khusus Untuk BLT

BREBES - Untuk menertibkan proses penyaluran bantuan langsung tunai (BLT), Kantor Pos Pemeriksa Kabupaten Brebes telah mengeluarkan blangko khusus. Blangko yang dibuat Kantor Pos Kabupaten Brebes tersebut bertujuan agar pembagian BLT bisa tepat sasaran.

Blangko dengan beberapa warna tertentu itu dibagikan kepada masyarakat dengan terlebih dahulu diisi identidas penerima dan ditandatangani kepala desa dan penerima. Tujuannya agar bantuan yang diberikan pemerintah melaui Kantor Pos bisa diterima oleh yang bersangkutan," ungkap Supervisor Pelayanan Luar Kantor Pos Brebes Edhhie Wibowo. Blangko yang telah dikirimkan bersama dengan surat pemberitahuan akan diisi oleh pihak Desa. Dengan mencantumkan nama identitas penerima dan daftar pengawasan pembayaran serta nomor KIP. Apabila pihak aparat desa tidak sesuai menuliskan daftar pengawasan pembayarannya, maka Kantor Pos tidak akan memberi bantuan. Ini dilakukan untuk menjaga keakuratan data penerima BLT.

Untuk proses pembagian, Kantor Pos akan menyiapkan sekitar 8 petugas di tiap-tiap cabang yang ada di tiap Kecamatan. Enam petugas akan bekerja memeriksa bonggol maupun blangko yang dibawa penerima dan 2 petugas melayani pemberian BLT. Pemberian BLT akan dilaksanakan mulai tanggal 20 April sampai dengan 3 Mei. Namun untuk penerima yang tidak sempat mengambil pada waktu yang ditentukan, masih ada kesempatan untuk mengambil di tiap cabang Kantor Pos tanpa ada batas waktu. Dikatakan, untuk penerima BLT, rumah tangga sasaran (RTS) paling banyak di mjumlah alokasi 25.507. Sedangkan alokasi terendah ada di Kecamatan Salem dengan jumlah total RTS 6.248.

Jumlah total RTS peneriman BLT tahun 2009 sebanyak 226.671. Jumlah tersebut lebih kecil dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 226.778. Dikatakan, untuk tahun 2009 jumlah penerima BLT masih menggunakan data 2008 yang terserap. Untuk tahun 2008 lalu ada sekitar 105 warga yang tidak mengambil BLT. Dari informasi yang diterima dari Kecamatan, sebagian besar warwa yang tidak menarik BLT pada tahun 2008 karena pindah tempat tinggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar